Perbedaan sistem operasi jaringan dan desktop

PENGERTIAN.

Sistem operasi desktop merupakan sistem yang digunakan di suatu kantor dengan jumlah pengguna yang terbatas. Sementara, sistem operasi jaringan adalah sistem yang dirancang untuk lingkungan atau perusahaan yang melayani beberapa pengguna dengan bermacam kebutuhan.

Perbedaan Sistem Operasi Jaringan dan Sistem Operasi Desktop.

Dari pengertian kedua jenis sistem operasi tersebut, sistem operasi jaringan memiliki perbedaan dengan sistem operasi desktop antara lain tujuan penggunaan OS dan juga penggunaan interfacenya, berikut adalah perbedaan sistem operasi server dan sistem operasi desktop/klien selengkapnya.

Pengguna.

Pengguna sistem operasi jaringan adalah petugas IT yang terdiri teknisi jaringan, system administrator dan network engineer. Sementara pengguna desktop biasanya user biasa.

Remote Desktop.

Kebanyakan sistem operasi jaringan diinstall pada server yang terletak di data center atau pada perangkat jaringan seperti router dan switch manageable. Untuk mengakses sistem operasi jaringan para teknisi menggunakan bantuan remote desktop untuk memudahkan mengkonfigurasi jaringan. Sistem operasi dekstop dikendalikan oleh pengguna dari depan layar komputer.

Ketersediaan I/O

Sistem operasi jaringan biasanya tidak menyediakan fitur I/O seperti keyboard, mouse dan layar monitor. Semua konfigurasi dilakukan secara remote, sistem operasi desktop sebaliknya, mengharuskan adanya kursor, keyboard/keypad serta layar untuk tampilan.

Tujuan

Tujuan sistem operasi jaringan adalah untuk melayani komunikasi perangkat lain, sedangkan tujuan sistem operasi desktop untuk melayani pengguna.

Perbedaan sistem operasi jaringan dan desktop dari segi:

Maknanya:
- sistem operasi desktop dimaknai sebagai sistem operasi yang ditujukan untuk komputer desktop dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari (seperti perrkantoran)
sistem operasi jaringan dimaknai sebagai sistem yang dirancang untuk memungkinkannya berbagi file dan akses printer antara beberapa komputer dalam jaringan.

Fungsinya:
- sistem operasi desktop dapat berfungsi untuk memanajemen file dalam komputer
- sistem operasi jaringan dapat berfungsi untuk memanajemen file yang dibutuhkan client (dengan memakai fitur sharing)

Contoh:
- contoh sistem operasi desktop: Ms. Windows XP, Ms. Windows 7
- contoh sistem operasi jaringan: Ms. Windows 2003 Server, Ms. Windows 2000 Server


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman pp (ananda novan 11.2)