Artikel tentang kelompok perintah DML dan DDL


Pengertian DDL dan DML Beserta Contoh Perintahnya dalam Database.

Untuk pengertian DDL dan DML sendiri yaitu, jika DDL (Data Defition Language) adalah kumpulan perintah SQL yang dapat anda gunakan untuk mengelola, mengubah struktur datatype dari objek pada database seperti index, table, trigger, view dan lain sebagainya. 


Sedangkan DML (Data Manipulation Language) sendiri adalah sebuah kumpulan perintah yang berfungsi untuk pengelolaan database seperti membuat table, membuat database baru.


Contoh Perintah DDL dan DML.         

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) adalah sekumpulan perintah yang di gunakan untuk menjalankan fungsi baik untuk membuat, mengubah, maupun menghapus pada entitas database yang ada. Maka dari itu, berikut di bawah ini adalah kumpulan perintah yang dapat anda coba untuk mengelola database: 

1. DDL (Data Definition Language)

DDL dapat di gunakan untuk mengoperasikan suatu skema struktur pada sebuah database, perintah utama yang dapat di gunakan pada DDL (Data Definition Language) adalah seperti CREATE, RENAME, ALTER, DROP. Create adalah perintah yang di guankan untuk membuat baru baik database, maupun table. Sedangkan Rename adalah perintah yang di gunakan untuk mengubah nama seperti nama table, dan DROP adalah perintah yang di gunakan untuk menghilangkan suatu objek.

2. DML (Data Manipulation Language)

DML adalah sekumpulan perintah yang di gunakan untuk melakukan pengelolaan database seperti membuat baru, menambah, menghapus dan menampilkan, perintah utamanya adalah seperti UPDATE, DELETE, INSERT, SELECT. Perintah UPDATE di gunakan ketika anda ingin melakukan pembaruan data, dan perintah delete di gunakan jika anda ingin menghapus data, selain itu ada juga perintah INSERT yang dapat anda gunakan untuk memasukan data ke dalam database, dan terakhir ada perintah SELECT yang di gunakan untuk menampilkan data yang telah anda masukan.


Apa saja perintah DDL dan DML?

 DML digunakan untuk menambah, mengambil, atau memperbarui data. DDL pada dasarnya untuk mendefinisikan kolom atau atribut dari tabel. Pada DML, dipakai untuk menambah atau memperbarui baris tabel. Perintah dasar yang ada di DDL adalah CREATE, DROP, RENAME, ALTER.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman pp (ananda novan 11.2)